Seputar Makanan Bayi 6 Bulan & Kapan Bayi di Beri Susu

Dari 6 bulan
Makanan pertama
Makanan pertama bayi Anda dapat berupa buah dan sayuran yang dihaluskan atau lunak - seperti ubi, kentang, ubi jalar, ubi jalar, wortel, apel atau pir - semua didinginkan sebelum makan.

Buah-buahan lunak, seperti buah persik atau melon, atau bubur bayi atau sereal bayi yang dicampur dengan susu biasa bayi Anda juga baik.


Tetap beri ASI atau susu formula bayi Anda, tetapi jangan memberi mereka susu sapi, kambing, atau domba sebagai minuman sampai mereka berusia 1 tahun.

Beberapa bayi suka memulai dengan makanan tumbuk. Bayi lain perlu sedikit lebih lama untuk terbiasa dengan tekstur baru sehingga mungkin lebih suka makanan yang halus atau dicampur pada sendok pada awalnya.

Untuk membantu bayi Anda terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur, cobalah untuk beralih dari makanan murni ke makanan yang dihaluskan segera setelah mereka dapat memilikinya.

Tetap tawarkan makanan yang berbeda, termasuk makanan yang ditolak oleh bayi Anda sebelumnya. Hal ini dapat membutuhkan banyak percobaan sebelum bayi Anda menerima makanan atau tekstur baru.

Makanan jari
Segera setelah bayi Anda mulai makanan padat, Anda dapat mendorong mereka untuk memiliki makanan jari sehingga mereka dapat berlatih makan sendiri.

Mulailah dengan makanan jari yang mudah pecah di mulut mereka dan cukup lama bagi mereka untuk digenggam. Coba ambil bit pisang atau alpukat matang yang lembut. Potongan ukuran jari Anda sendiri bekerja dengan baik.

Selalu bersama bayi Anda saat mereka makan jika mereka mulai tersedak.

Makanan berikutnya
Setelah bayi Anda terbiasa dengan makanan di atas, mereka dapat memiliki daging matang yang lembut seperti ayam, ikan tumbuk (periksa dengan teliti untuk setiap tulang), pasta, mie, roti panggang, potongan chapatti, lentil, nasi dan telur rebus yang dihaluskan.

Mereka juga dapat memiliki produk susu penuh lemak seperti yoghurt, fromage frais atau custard. Pilih produk tanpa tambahan gula atau sedikit gula. Anda dapat menggunakan susu sapi utuh dalam masakan atau dicampur dengan makanan dari 6 bulan.

Piala
Memperkenalkan cangkir dari sekitar 6 bulan dan menawarkan teguk air dengan makanan. Secangkir terbuka atau aliran bebas tanpa katup akan membantu bayi Anda belajar untuk menyesap dan lebih baik untuk gigi mereka.

Vitamin untuk bayi dan anak-anak
Direkomendasikan bahwa bayi dari lahir sampai usia 1 tahun diberikan suplemen harian yang mengandung 8,5 hingga 10 mikrogram (µg) vitamin D.

Juga direkomendasikan bahwa semua anak yang berusia 6 bulan hingga 5 tahun memiliki suplemen vitamin harian yang mengandung vitamin A (233μg) dan vitamin C (20mg).

Bayi yang mengonsumsi lebih dari 500ml (sekitar setengah liter) susu formula per hari tidak membutuhkan suplemen vitamin karena susu formula sudah diperkaya dengan vitamin.

Dari 8 hingga 9 bulan
Bayi Anda secara bertahap akan bergerak menuju makan 3 kali sehari. Ini akan menjadi campuran makanan jari lembut, dan makanan tumbuk atau cincang.

Diet bayi Anda harus terdiri dari berbagai:

buah dan sayur-sayuran
roti, nasi, pasta, kentang dan makanan bertepung lainnya
daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-dairy lainnya
susu dan produk susu
Dari 12 bulan
Bayi Anda sekarang akan makan 3 kali sehari - dicincang jika perlu - ditambah susu sapi atau sapi utuh, dan camilan sehat seperti buah, sayuran, roti panggang, dan kue beras.

Mereka sekarang bisa minum susu sapi utuh. Pilih produk susu penuh lemak - anak di bawah 2 membutuhkan lemak dan vitamin ekstra. Dari usia 2 tahun, jika mereka adalah pemakan yang baik dan tumbuh dengan baik, mereka dapat memiliki susu semi-skim. Dari 5 tahun, 1% lemak dan susu skim adalah OK.

Susu apa, kapan?
Untuk sekitar 6 bulan pertama, Anda harus memberi makan ASI saja atau formula bayi pertama.

Formula bayi pertama yang terbuat dari susu sapi atau kambing adalah satu-satunya alternatif yang cocok untuk ASI dalam 12 bulan pertama kehidupan bayi Anda.

Hanya gunakan formula berbasis kedelai jika GP Anda telah menyarankan Anda untuk melakukannya.

Susu lanjutan tersedia untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan, tetapi tidak ada bukti bahwa mereka memiliki manfaat tambahan, dan bayi Anda tidak membutuhkannya.

Susu sapi dapat dicampur dengan makanan dari 6 bulan, dan susu sapi utuh dapat diberikan sebagai minuman dari usia 1 tahun.

Susu semi-skim dapat diperkenalkan setelah anak Anda berusia 2 tahun, asalkan mereka adalah pemakan yang baik dan memiliki diet yang bervariasi.

Susu skim dan 1% tidak mengandung cukup kalori untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Formula bayi pertama, formula lanjutan atau susu pertumbuhan tidak diperlukan setelah bayi Anda berusia 1 tahun.

Susu kambing dan domba tidak cocok sebagai minuman untuk bayi di bawah 1 tahun.

Anda dapat memberi anak Anda susu tanpa pemanis yang diperkaya kalsium, seperti minuman kedelai, sebagai bagian dari diet seimbang sejak usia 1 tahun.

Balita dan anak kecil di bawah usia 5 tahun tidak boleh diberi minuman beras karena kadar arsenik yang dikandungnya.

Jika anak Anda memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu, bicaralah dengan pengunjung kesehatan Anda atau dokter umum. Mereka dapat menyarankan Anda tentang alternatif yang sesuai.

0 Response to "Seputar Makanan Bayi 6 Bulan & Kapan Bayi di Beri Susu"

Posting Komentar